Sabtu, 04 Oktober 2014


PERKEMBANGAN BUDAYA INDONESIA SAAT INI

  Kemajaun teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang penting dalam suatu wilayah atau Negara, terkadang melihat hanya dari teknologinya saja sudah hampir mewakili wilayah tersebut wilayah maju atau tertinggal. Misalnya sebagian besar negara eropa yang sudah maju hampir semua teknologi informasi dan komunikasi berkembang cepat. Maka dari itu begitu pentingnya kita mengetahui beberapa prinsip atau dampak-dampak yang ditimbulkan dari teknologi informasi dan komunikasi, agar Negara atau wilayah kita menjadi lebih baik dan kuat, dan bisa lebih mudah terciptanya suasana kondusif, aman, sejahtra bagi wilayah / masyarakat sekitar, karna teknologi haruslah di barengi degan pengetahuan dan wawasan yang tinggi karna tidak sedikit teknologi, informasi dan komukasi itu di salah gunakan oleh pihak-pihak yag tidak bertanggung jawab.
   Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit karena cepatnya akses informasi. Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaanya. Saat ini, di Indonesia dapat kita lihat begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang dianut masyarakat.
  Kita bisa lihat perkembangan budaya Indonesia saat ini mulai terkikis perlahan-lahan seiring dengan perkembangan zaman. Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih budaya asing, dan mulai meninggalkan budaya lokal/tradisional. Ini terjadi karena adanya proses perubahan sosial seperti asimilasi dan akulturasi.

Berikut faktor-faktor pendorong hilangnya budaya Indonesia :
  • Masuknya budaya asing
Masuknya budaya asing dinilai sebagai salah satu penyebab lunturnya budaya tradisional. Salah satu contohnya adalah cara berpakaian, saat ini masyarakat Indonesia lebih suka memakai pakaian terbuka yang sebenarnya tidak sesuai adat ketimuran yang ada di Indonesia.
  • Kurangnya kesadaran
Saat ini masyarakat kita tidak peduli budaya dari luar yang masuk ke Indonesia dapat merusak atau tidak. Seharusnya bangsa Indonesia dapat menyaring mana yang baik dan mana yang buruk dan juga bangsa Indonesia harus memiliki jati diri dengan cara mempertahankan nilai-nilai budaya di Indonesia.
  • Kemajuan teknologi
Kemajuan teknologi juga sebagai pendorong hilangnya budaya Indonesia, contohnya adalah pada saat ini banyak seseorang yang dituntut untuk dapat bekerja secara cepat dan efisien, maka seseorang akan lebih memilih teknologi yang lebih maju untuk mendukung pekerjaannya dibandingkan dengan peralatan tradisional yang labih lambat.


Intinya adalah kita harus menumbuhkan kesadaran serta rasa memiliki akan budaya di Indonesia, sehingga dengan rasa memiliki dan mencintai budaya akan membuat orang mempelajarinya sehingga kebudayaan di Indonesia akan tetap lestari karena ada pewaris kebudayaan. dan juga harus ada peran dari pemerintah, pemerintah harus membuat kebijakan-kebijakan yang mengarah pada upaya pelestarian kebudayaan nasional.

DAFTAR PUSAKA
perkembangan budaya indonesia saat ini  http://frillyfayraitaru.wordpress.com/2013/01/14/perkembangan-budaya-indonesia-saat-ini/
upaya melestarikan budaya bangsa http://iindramawan.blogspot.com/2013/03/upaya-melestarikan-budaya-bangsa.html
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar