Selasa, 22 Mei 2018

  1. On the floor of the Pacific Ocean is hundreds of flat-topped mountains more than a mile beneath sea level.
    Jawaban : B, => are
    masuk dalam kategori Inversion. Subjek kalimat adalah hundreds of flat-topped mountains.
  2. His team is the better football team in this season.
    Jawaban : C => best
    untuk membandingkan lebih dari dua hal, digunakan bentuk superlatives sehingga better kurang tepat dan harus diganti dengan best
  3. The participants of the seminar has already been in the halt.
    Jawaban : B => have
    Hal ini karena subjek dari kalimat tersebut adalah participants (plural noun) sehingga kata bantu yang dipakai seharusnya have bukan has
  4. All of the teacher are invited to attend the annual meeting next week.
    Jawaban : A => teachers
    Hal ini karena are digunakan bila objek preposisi setelah expression of quantity berupa plural noun. Maka, teacher  seharusnya berupa plural noun, yaitu teachers.
  5. Only in the morning does my grand father drank coffee.
    Jawaban : D => drink
    kalimat yang diawali only ini membutuhkan bentuk susunan balik. Kata bantu does sudah tepat, akan tetapi verb setelah subjek drank seharusnya berupa verb 1, yaitu drink.
  6. On Ellesmere Island in the Arctic one fossil forest consist of a nearly hundred large stumps scattered on an exposed coal bed.
    Jawaban : B => nearly
    Kata “a nearly” tidak memerlukan indefinite article/determiner “a”, karena kata benda stumps adalah plural.
  7. The surface conditions on the planet Mars are the more like the Earth’s than are those of any other planet in the solar system.
    Jawaban : B => the most
    untuk membandingkan lebih dari dua hal, digunakan bentuk superlatives
  8. The midnight sun is a phenomenon in which the Sun visible remains in the sky for twenty-four hours or longer.
    Jawaban : B => remains visible
    Kata the sun dalam anak kalimat di atas memerlukan predicate bukan noun phrase (visible remains).  Yang tepat seharusnya remains visible.
  9. The Humber River and its valley forma major salmon-fishing, lumbering, hunting,  and farmer region in western Newfoundland, Canada.
    Jawaban : D => farming
    Konjungsi and digunakan untuk menghubungkan kelas kata yang sederajat. Karena sebelum “and” bentuk  katanya adalah gerund maka kata farmer seharusnya diubah dalam bentuk gerund juga yaitu farming.
  10. More than half of the children in the 1,356-member district qualifies for reduced-price or free lunches.
    Jawaban : C => qualify
    Subjek dari kalimat tersebut adalah “Most of the  children” (hampir semua anak-anak). Kata kerja   “qualifies” tidak tepat karena bentuk kata ganti  subjek tersebut adalah jamak, they (mereka). Jadi,  kata kerja yang tepat adalah “qualify”.
  11. The decision to withdraw all support from the activities of the athletes  are causing an uproar among the athletes’fans.
    Jawaban : C => is causing
    Frasa “the decision” (keputusan) merupakan bentuk uncountable nouns yang bermakna tunggal. Jadi, kata kerja yang sesuai adalah “is causing”.
  12. Before administering the exam, the proctor required that the students take their seats and removing all items from their workplaces.
    Jawaban : C => remove
    Kata kerja yang berkedudukan paralel harus memiliki bentuk yang sama. Karena kata kerja sebelumnya adalah “take”, kata kerja selanjutnya seharusnya adalah “remove”.
  13. For years, this varsity athletes have been known throughout the country  for their tremendous abilities.
    Jawaban : A => these
    Frasa “varsity athletes” berjumlah jamak dan termasuk countable noun. Jadi, kata yang seharusnya dipakai juga harus berbentuk jamak,  yaitu “these”.
  14. Lack of sanitation in restaurant are a major cause of disease  in some areas of the country.
    Jawaban : B => is
    Frasa “Lack of sanitation in restaurants” adalah uncountable noun yang berarti bersifat tunggal. Jadi, kata kerja yang sesuai adalah “is”.
  15. Because the torrential rains that had devastated the area, the governor sent the National Guard to assist in the clean-up operation.
    Jawaban : A => because of
    Kata “because” yang diikuti dengan suatu klausa,  memiliki rumus “because + of + klausa”.
  16. Opposite with the gambir Station, you will find the old "Monas Square" and the statue of R.A Kartini.
    Jawaban : A => opposite to
    ata Opposite yang berarti berhadapan dengan diikuti oleh to, bukan with. Jadi seharusnya kalimat tersebut berbunyi : Opposite to the Gambir Station
  17. The Sony camrecorder demo was fun and impressive, but it is not  as better as  Microsoft's.
    Jawaban : D => as good as
    as.......as tidak digunakan pada adjective yang menyatakan perbandingan, tetapi dengan adjective bentuk pertama. jadi seharusnya kalimat tersebut menggunakan as good as
  18. Recently, the work had been being done by John M.Rayyan.Jawaban : B => has
    erdapat keterangan waktu recently (baru-baru ini) sehingga verb kalimat tersebut menggunakan present perfect tense yaitu has been being done.
  19. The thief who stole my watch was commpelled to restore it back again
    Jawaban : D =>
    Kata restore sudah bermakna gave back, maka tidak perlu lagi kata back setelah kata restore.
  20. I try to figure in the answer of what the function of the organitation is.
    Jawaban : B => figure out
    Kata yang berarti menemukan adalah figure out, bukan figure in. Kombinasi proposisi antara figure dan in tidak ditemukan dalam bahasa inggris
  21. Not all people understand that every country is having its own unique culture and tradition.
    Jawaban : C => is has
    Pilihan A dan B sudah benar karena keduanya saling berhubungan dan menyatakan hal jamak. Pilihan D sudah benar karena unique merupakan adjektiv. Sementara itu, pilihan C tidak tepat karena to be di dalamnya menyatakan hal yang sedang berlangsung saat ini (simple present continuous), sementara keunikan pada budaya dan tradisi merupakan hal yang berlangsung selamanya (simple present). Agar tepat, is having perlu diganti menjadi has.
  22. The median of annual mothers’ working hours has increased dramatically by 960 hours since 1979 and 2012.
    Jawaban : D => between
    Pilihan A sudah benar karena verba perlu penambahan sufiks –ing untuk bersanding dengan nomina. Pilihan B sudah benar karena hal yang sedang dibahas sudah berlangsung dan belum berhenti (present future). Pilihan C sudah benar karena menjelaskan seberapa banyak kenaikan tersebut. Sementara itu, pilihan D tidak tepat karena since seharusnya hanya diikuti oleh satu keterangan waktu, sementara keterangan waktu pada kalimat ada dua. Lebih spesifik lagi, keduanya dihubungkan dengan konjungsi and. Agar tepat, since perlu diganti menjadi between.
  23. Archaeopteryx, one of the oldest known prehistoric birds, had shard teeth, three fingers for claws, but a long, bony tail.
    Jawaban : D => and
    Pilihan A sudah benar karena dibutuhkan verba dalam bentuk past participle. Pilihan B sudah benar karena adanya kata one of … perlu diikuti nomina jamak. Pilihan C sudah benar karena dibutuhkan verba dalam bentuk past simple. Sementara itu, pilihan D tidak tepat karena penggambaran spesifikasi archaeopteryx tersebut tidak membutuhkan but yang menghubungkan hal bertolak belakang, melainkan and yang memberikan informasi tambahan.
  24. Pandas live in coniferous forests, eat bamboo shoots and leaves fast and spending about 12 hours a day eating.
    Jawaban : C => spend
    Pilihan A sudah benar karena preposisi yang dibutuhkan adalah “di dalam”. Pilihan B sudah benar karena merupakan kata keterangan untuk kata eat. Pilihan D sudah benar karena dibutuhkan verba dalam bentuk continuous sebagai keterangan untuk apa yang dilakukan panda dengan menghabiskan waktu sepanjang 12 jam per hari. Sementara itu, pilihan C tidak tepat karena tidak mengikuti pola verba yang digunakan pada klausa sebelumnya (live dan eat). Agar tepat, spending perlu diganti menjadi spend.
  25. Although she has a strong desire to be a singer, Rani’s voice sounds horribly to everyone who hears her singing.
    Jawaban : B => horrible
    Pilihan A sudah benar karena merupakan keterangan untuk keinginan kuat yang dimiliki Rani. Pilihan C sudah benar karena merupakan bentuk simple present dengan everyone merupakan subjek tunggal sehingga perlu penambahan afiks –s. Pilihan D sudah benar karena dibutuhkan verba dalam bentuk continuous, merujuk pada kata her di depannya. Sementara itu, pilihan B tidak tepat karena bukan merupakan adjektifa, melainkan adverba atau kata keterangan. Agar tepat, horribly perlu diganti menjadi horrible.
  26. Engineers ________ for work on the new space program.
    (A) necessary
    (B) are needed
    (C) hopefully
    (D) next month
    Jawaban : B
    Engineers sebagai subject, namun tidak ditemukan kata kerja (verb). Karenanya, jawaban (B) merupakan jawaban paling tepat. Karena "are needed"  adalah kata kerja.
  27. _________ was backed up for miles on the freeway.
    (A) Yesterday
    (B) In the morning
    (C) Traffic
    (D) Cars
    Jawaban : C
    Jawaban (C) adalah jawaban yang tepat karena mengandung subjek tunggal "traffic" dan sesuai dengan kata kerja tunggal "was".
  28. Fitzgerald_______ the society of the 1920's in his novel, The Great Gatsby.
    (A) reflect
    (B) reflects
    (C) are reflecting
    (D) have reflected
    Jawaban : B
    Fitzgerald merupakan subjek orang ketiga tunggal. Maka, kata kerja yang mengikutinya juga harus dalam bentuk tunggal. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (B).
  29.                       main processes involved in virtually all manufacturing: extraction, assembly, and alteration.
    (A) There are three
    (B) Three
    (C) The three
    (D) Three of the
    Jawaban : A
    Frasa main processes menunjukkan kata benda jamak, sementara kata involved pada kalimat merupakan passive participle yang memiliki arti “yang terlibat”. Jadi kalimat ini masih membutuhkan subject dan verb. Karena itu jawaban yang paling sesuai adalah there are three.
  30. Like bacteria, protozoans                   by splitting in two.
    (A) Reproducing
    (B) Reproduce
    (C) To reproduce
    (D) Reproduction
    Jawaban : B
    Frasa like bacteria berfungsi sebagai keterangan yang menerangkan protozoans, jadi subject aslinya adalah protozoans (plural/jamak). Kalimat sudah memiliki subject, namun verb kalimat belum ada. Pilihan A (repdroducing) merupakan present participle, pilihan C (to reproduce) adalah bentuk to invinite dan pilihan D (reproduction) adalah sebuah noun. Ketiganya tidak dapat menjadi verb, jadi pilihan B paling sesuai karena reproduce merupakan bentuk verb.
  31. Ohio, the center of                         the Hopewell culture, has the greatest concentration of ancient burial mounds in the United States.
    (A) Called
    (B) What is called
    (C) That is called
    (D) Is called
    Jawaban : B
    Klausa yang berada di antara koma, pada kalimat membutuhkan verb. Namun klausa ini juga membutuhkan kata penjelas untuk the Hopewell culture yaitu what.
  32. Many meteorits are thought to have originated from                        that once existed between the orbits of Mars and Jupiter.
    (A) Where a planet or planets
    (B) A planet or planets so
    (C) Which a planet or planets
    (D) A planet or planets

    Jawaban : D
    Kalimat ini membutuhkan objek yang diterangkan dengan kata sambung that. Pilihan yang berupa objek adalah a planet or planets. 
  33. The novelist John Dos Passes developed a style of fiction incorporating several documentary devices                  to his work.
    (A) Lent realism
    (B) That lending realism
    (C) To lend realism
    (D) Of whose realism lent
    Jawaban : C
    Untuk kalimat yang memiliki lebih dari satu kata kerja, apapun bentuk kata kerja utamanya, kita dapat menggunakan to invinite untuk kata kerja berikutnya.
  34. During the decades after the United States Civil War, a host of technical advances made possible                 and uniformity of railroad service.
    (A) A new integration
    (B) For a new integration
    (C) That a new integration
    (D) And a new integration
    Jawaban : A
    Untuk mengisi rumpang tersebut, kata yang sesuai adalah dalam noun. Maka jawaban yang paling sesuai adalah a new integration.
  35. Hares generally have longer ears and hind legs than rabbits and move by jumping            (A) Rather to be
    (B) Rather than
    (C) Are rather
    (D) As rather
    Jawaban : B
    Kalimat ini membandingkan hares dengan rabbit dalam hal ciri-ciri fisik dan perilaku (jumping dan running). Karena itu pilihan yang tepat untuk perbandingan adalah rather than.
  36. An unconsolidated aggregate of slit particles is also termed slit,                  a consolidated aggregate is called siltstone.
    (A) Which
    (B) Why
    (C) Whereas

    (D) Whether
    Jawaban : C
    Kalimat ini membandingkan dua hal yang berbeda, yaitu unconsolidated aggregate of slit particles dan consolidated aggregate. Karena keduanya berbeda, kita membutuhkan kata sambung yang berarti “sementara itu”, yaitu whereas.
  37. Most documentary filmmakers use neither actors                studio setting.
    (A) Or else
    (B) But not
    (C) Nor
    (D) And
    Jawaban : C
    Penggunaan neither pasti selalu diikuti nor.
  38. Pearl Sydenstricker Buck,                  the Nobel Prize for Literature in 1938, is best known for her novels about China.
    (A) Won
    (B) Winner of
    (C) To win
    (D) Who the winner of
    Jawaban : B
    Pada kalimat ini terdapat penggunaan appositive. Pada appositive,  hindari penggunaan kata kerja (biasanya langsung kata benda). Jadi jawaban yang paling tepat adalah winner of.
  39.  The celesta, an orchestral percussion instrument, resembles ___           (A) a small upright piano
    (B) how a small upright piano
    (C) a small upright piano is
    (D) as a small upright piano
    Jawaban : A
    Kalimat ini membutuhkan objek dari kata kerja resemble = mirip.
  40. Thomas Paine, _____     , wrote Common Sense, a pamphlet that identified the American colonies with the cause of liberty.
    (A) writer of eloquent
    (B) whose eloquent writing
    (C) an eloquent writer
    (D) writing eloquent
    Jawaban : C
    Di antara ke dua koma stelah subject itu membutuhkan appositive yang menjelaskan terkait identitas subject Thomas Paine.
  41. When it was rain very hard, the electricity in my house went out.
    Jawaban : B => raining
    Seharusnya adalah raining, bentuk past continuous tense.
  42. The man is looking at the beautiful view by the mountain from his room.
    Jawaban : C => of
    Dari segi artinya adalah pemandangan indah gunung, berarti harus menggunakan kata of
  43. Opposite with my house, you will find the post office and the market.
    Jawaban : A => to
    Yang benar adalah opposite to my house
  44. There are two books in the table. Mine is the one who has a sticker on the back. It’s easy to identify.
    Jawaban : C => which
    Dalam materi adjective clause, penggunaan kata penghubung which lebih tepat digunakan untuk memberi keterangan pada buku / kata benda.
  45. Even though my brother lost the sing contest, he is still the favouriter of all the other contest.
    Jawaban : C => the most favourite
    Dalam superlative degree seharusnya ditulis most favourite.
  46. _________ was backed up for miles on the freeway.
    (A) Yesterday
    (B) In the morning
    (C) Traffic
    (D) Cars
    Jawaban : C
    Jawaban (C) adalah jawaban yang tepat karena mengandung subjek tunggal "traffic" dan sesuai dengan kata kerja tunggal "was".
  47.  The novelist John Dos Passes developed a style of fiction incorporating several documentary devices                  to his work.
    (A) Lent realism
    (B) That lending realism
    (C) To lend realism
    (D) Of whose realism lent
    Jawaban : C
    Untuk kalimat yang memiliki lebih dari satu kata kerja, apapun bentuk kata kerja utamanya, kita dapat menggunakan to invinite untuk kata kerja berikutnya.
  48.  More than half of the children in the 1,356-member district qualifies for reduced-price or free lunches.
    Jawaban : C => qualify
    Subjek dari kalimat tersebut adalah “Most of the  children” (hampir semua anak-anak). Kata kerja   “qualifies” tidak tepat karena bentuk kata ganti  subjek tersebut adalah jamak, they (mereka). Jadi,  kata kerja yang tepat adalah “qualify”.
  49. Because the torrential rains that had devastated the area, the governor sent the National Guard to assist in the clean-up operation.
    Jawaban : A => because of
    Kata “because” yang diikuti dengan suatu klausa,  memiliki rumus “because + of + klausa”.
  50. Many meteorits are thought to have originated from                        that once existed between the orbits of Mars and Jupiter.
    (A) Where a planet or planets
    (B) A planet or planets so
    (C) Which a planet or planets
    (D) A planet or planets

    Jawaban : D
    Kalimat ini membutuhkan objek yang diterangkan dengan kata sambung that. Pilihan yang berupa objek adalah a planet or planets. 

0 komentar:

Posting Komentar